Slide show

[Esai][slideshow]

Mahasiswa STAI MIftahul Huda Gelar Diskusi Mengisi Ramadhan di tengah Pandemi



Badan Eksekutif Mahasiswa STAI Miftahul Huda Subang melalui Kementrian Agama gelar diskusi online spesial Ramadhan “Tasawuf Dan Stereotip masyarakat Nusantara” dalam rangka menjaga eksistensi dan menyikapi pasifnya mahasiswa di tengah pandemi dan ibadah puasa yang terbuka untuk umum melalui media sosial pada hari rabu  pukul 14:00 (20/05/2020).

Kegiatan ini diadakan dalam rangka meningkatkan produktivitas di tengah keterbatasan dan menjalin silaturarrahim. Diskusi ini diselanggarakan melalui whatsapp grup yang di moderatori oleh  Muhammad Fathuroji dengan pemateri Ahmad Ropei, S.Sy., M.H.

Kegiatan ini mendapat respon baik dan antusias dari berbagai kalangan mulai dari siswa sampai mahasiswa Pascasarjana dari berbagai daerah khususnya di pulau jawa.

Menurut Ade Bahrul Ulum selaku menteri agama, Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat kita tak bisa mengadakan pertemuan secara langsung. oleh sebab itu  sebagai ikhtiar untuk mengurangi resiko penyebaran dan dalam rangka merawat gagasan serta menambah ilmu pngetahuan yang kemudian bertransformasi untuk menyesuaikan situasi dan kondisi saat ini perlu kegiatan seperti ini.

“Semoga apa yang hendak kita pelajari pada siang hari ini dalam tema tasawuf dan stereotip masyarakat nusantara dapat menjadikan stay at home kita semakin produktif. dan tentunya dapat bernilai ibadah amin Allahuma amin” tutur Ulum.

Ketua BEM STAI Miftahul Huda Subang Andri Isnaeni  menambahkan maksud menghadirkan diskusi online spesial ramadhan ini dalam rangka menjaga dan merawat nalar edukatif mahasiswa.

"Pandemi bukan sebuah alasan untuk kita tidak produktif, banyak hal positif yang dapat dilakukan di tengah pandemi dengan segala keterbatasannya. Masing-masing pribadi mempunyai cara tersendiri dalam mengahadapi fenomena ini.” Pungkas Andri

Sementara itu sebagai akademisi Ahmad Ropei, S.Sy., M.H. dalam sambutan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada rekan rekan panitia dan peserta yang tergabung dalam diskusi online ini. Mudah mudahan menjadi wasilah silaturrahim.

 “Terkait dari berbagai kesalahpahaman masyarakat nusantara terhadap tasawuf maka  perlu kita pahami bahwa salah satu saluran islamisasi indonesia adalah tasawuf yang memiliki pengaruh yang kuat dalam perkembangan islam nusantara. Maka tasawuf sesungguhnya tidak bisa di lepaskan dari kehidupan umat islam, sebab pada dasarnya tasawuf adalah  sebuah jalan untuk memasuki pintu Allah SWT.” Tutup Pemateri

No comments:

Silahkan diapresiasi

prosa

[Prosa][stack]

Perempuan

[Perempuan][grids]

Resensi

[Resensi][btop]